Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sejukkan Suasana Usai Rusuh Papua, Tjahjo Minta Tiga Gubernur Segera Duduk Bareng

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Kamis, 22 Agustus 2019, 17:44 WIB
Sejukkan Suasana Usai Rusuh Papua, Tjahjo Minta Tiga Gubernur Segera Duduk Bareng
Mendagri Tjahjo Kumolo/RMOL
rmol news logo Gelombang kemarahan ribuan warga Papua yang protes terhadap tindakan rasisme oknum aparat saat mengepung asrama mahasiswa asal Papua di Surabaya direspon serius oleh pemerintah pusat.

Mendagri Tjahjo Kumolo meminta Gubernur Papua Lukas Enembe dan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan segera datang ke Jawa Timur untuk duduk bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyikapi suasana pasca kerusuhan di Papua Barat.

"Segeralah Gubernur Papua bersama Gubernur Papua Barat datang ke Jawa Timur ketemu dengan Ibu Khofifah yang kemarin juga sudah menyampaikan permohonan maaf atas nama warga Jatim. Untuk bisa berdialog," kata Tjahjo di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (22/8).

Selain itu, ketiga kepala daerah ini diharapkan juga berdialog dengan mahasiswa di asrama Papua, baik yang di Surabaya maupun di daerah selain Jawa Timur.

"Gubernur, untuk berdialog dengan mahasiswa Papua yang punya asrama di Malang, asrama di Surabaya, dan sebagainya," kata Tjhajo.

Lebih lanjut, Tjahjo menegaskan, masalah yang terjadi adalah masalah bersama untuk keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Karenanya, dibutuhkan kerjasama, pikiran dan hati yang jernih dalam menyelesaikan ketegangan yang terjadi.

"Saya kira ini masalah kita bersama, tanggung jawab bersama mari kita selesaikan. Kita duduk bersama dengan pikiran dingin, dengan hati yang jernih untuk menjaga persatuan dan kesatuan NKRI yang utuh," demikian Tjahjo. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA