Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mendagri Minta Kepala Daerah Di Papua Tidak Ke Luar Kota

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Kamis, 22 Agustus 2019, 17:10 WIB
Mendagri Minta Kepala Daerah Di Papua Tidak Ke Luar Kota
Mendagri Tjahjo Kumolo saat keluar dari Gedung KPK/RMOL
rmol news logo Dampak gelombang aksi massa yang berujung kerusuhan di Papua pada Senin (19/8) lalu masih dirasakan semua pihak. Pimpinan dan kepala daerah di wilayah Papua diperintahkan agar tidak meninggalkan wilayahnya.

Perintah itu disampaikan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo melalui radiogram ke Gubernur, Bupati, dan Walikota di Papua dan Papua Barat.  

"Kami sudah mengirimkan dua kali radiogram untuk (pimpinan daerah) sementara tinggal di wilayah masing-masing. Jangan pergi dulu ke luar (daerahnya)," tegas Tjahjo kepada wartawan di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (22/8).

Hal lain yang disampaikan Tjahjo, terkait pengendalian keamanan di Papua Barat yang semuanya sudah ditangani oleh Menko Polhukam Wiranto.

"Papua sudah di-takeover oleh Pak Menko Polhukam (Wiranto)," kata Tjahjo.

Selain itu, kata Tjahjo, Kemendagri juga meminta para kepala daerah setempat untuk rutin melakukan koordinasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

"Harus rutin tiap hari koordinasi dengan Forkopimda dengan Kapolres, Kapolda, Pangdam, BIN (Badan Intelijen Negara) di daerah," tegas Tjahjo.

Selanjutnya, para kepala daerah juga diharapkan untuk terus berkoordinasi dengan tokoh adat hingga tokoh agama di Papua dan Papua Barat.

"Kalau ada unjuk rasa, kalau ada pengaduan masyarakat, tolong yang menerima adalah kepala daerah didampingi oleh Forkompinda," demikian Tjahjo.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA