Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wiranto: Situasi Manokwari Sudah Kondusif

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Senin, 19 Agustus 2019, 17:36 WIB
Wiranto: Situasi Manokwari Sudah Kondusif
Wiranto di Kantor Kemenko Polhuka/RMOL
rmol news logo Gelombak aksi ribuan massa di Manokwarin Jayapura dan Sorong tak bisa dibendung sejak Senin (19/8) pagi. Mereka mengekspresikan kemarahan atas dugaan tindakan rasisme yang dilakukan oknum warga Surabaya terhadap mahasiswa asal Papua di Jalan Kalasan, Kota Surabaya, Jawa Timur.  

Dari video yang beredar, massa mulai melakukan pengrusakan sejumlah fasilitas seperti Gedung DPRD Provinsi Papua Barat. Aksi bakar ban dan blokade jalan tak terhindarkan. Aksi ini dilakukan karena mereka tak terima mahasiswa Papua mendapat intimidasi bernuansa rasisme.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto memastikan kondisi di Manokwari, Papua Barat sudah berangsur kondusif.

"Saya tadi juga telah telepon Forkompimda Papua Barat dan telah sampaikan laporan bahwa Papua Barat dan Manokwari telah dapat ditenangkan," ujar Wiranto di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Senin (19/8).

Wiranto menuturkan, pemerintah memberikan jaminan sepenuhnya untuk terpeliharanya stabilitas keamanan di seluruh wilayah nasional. "Kepada aparat keamanan, baik TNI dan Polri sudah diinstruksikan untuk senantiasa melaksanakan tindakan persuasif dan terukur terhadap masyarakat," imbuhnya.

Di sisi lain, mantan Panglima TNI itu menyesalkan  kejadian ini, karena dianggap telah mengganggu kebersamaan dan persatuan bangsa. Terlebih Indonesia baru saja merayakan hari kemerdekaan ke-74.

"Akan kita usut secara tuntas dan adil siapapun yang manfaatkan insiden itu untuk kepentingan negatif," ucap Wiranto. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA