Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kunjungan Dinas Ke Australia, KSAL Bahas Peningkatan Kerja Sama Di Berbagai Sektor

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Jumat, 19 Juli 2019, 13:16 WIB
Kunjungan Dinas Ke Australia, KSAL Bahas Peningkatan Kerja Sama Di Berbagai Sektor
TNI AL dan Navy Australia bahas kerja sama maritim/Dok Dispen AL
rmol news logo TNI Angkatan Laut Republik Indonesia kembali melakukan pertemuan dengan Navy Australia. Pertemuan yang dilakukan di Canberra, Australia, Jumat (19/7) ini membahas perkembangan hubungan bilateral. Termasuk situasi regional terkait keamanan maritim kedua negara.

Dalam pertemuan tersebut, TNI AL diwakili langsung Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, SE, MM. Dia bertemu dengan Australian Chief of Navy, Vice Admiral Michael Joseph Noonan.

"TNI AL dan Navy Australia pun bersepakat untuk saling meningkatkan kerja sama di bidang pelatihan. Kedua pihak menyadari bahwa bentuk kerja sama melalui interaksi orang per orang sangatlah penting. Sehingga kedua pihak bisa saling mengerti dan memahami. Khususnya di bidang kerja sama pendidikan, pertukaran, seminar, maupun konferensi," demikian pernyataan TNI AL melalui rilis yang diterima Kantor Berita RMOL.

Hubungan TNI AL dengan Navy Australia selama ini sudah terjalin sangat baik. Hubungan baik ini diimplementasikan melalui berbagai kerja sama bilateral. Di antaranya latihan bersama (Latma) Cassoex Exercise New Horizon dan Ausindo Corpat.

Kedua negara juga aktif berpartisipasi dalam latihan yang melibatkan berbagai negara. Seperti Latma Multilateral Kakadu dan Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) yang diprakarsai oleh TNI AL.

Selain melaksanakan pertemuan dengan pimpinan Angkatan Laut Australia, Laksamana Siwi Sukma Adji juga melakukan kunjungan kehormatan kepada Australian Chief of Defence Force yang diwakili Vice Chief of the Australian Defence Force Vice Admiral David Lance Johnston serta Secretary Department of Defence Gregory Laurence Moriarty. Kasal juga bertemu dengan Dubes RI untuk Australia Y. Kristiarto S. Legowo selama kunjungan dinasnya kali ini.

Kunjungan kerja Kasal beserta Perwira Tinggi TNI AL ke Australia merupakan balasan setelah November tahun lalu Vice Admiral Michael Joseph Noonan menyambangi Kasal di Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), Jakarta.

Pada Mei lalu keduanya juga kembali melaksanakan pertemuan di atas kapal HMAS Canberra yang sandar di Jakarta. Pertemuan ini bertepatan dengan momen IPE-2019 (Indo Pacific Endeavour-2019). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA