Gubernur AAL Pimpin Parade Surya Senja

Rabu, 10 Juli 2019, 18:44 WIB
Laporan: Dar Edi Yoga

Laksamana Muda TNI Edi Sucipto saat upacara Parade Surya Senja/Dispen AU

Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Laksamana Muda TNI Edi Sucipto memimpin upacara Parade Surya Senja di lapangan Arafuru, AAL Bumimoro, Surabaya, baru-baru ini.

Dalam sambutannya, Gubernur AAL mengatakan, Parade Surya Senja adalah serangkaian upacara militer penurunan bendera Sang Merah Putih, yang dilaksanakan pada sore hari menjelang matahari terbenam.

Parade ini ditujukan untuk Serah terima jabatan (Sertijab) Komandan Resimen Korps Taruna dan Tambur Mayor Genderang Suling Gita Jala Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL), dari Taruna tingkat IV kepada Taruna tingkat III, menjelang berakhirnya masa pendidikan Taruna tingkat IV.

"Dengan demikian, segala tanggung jawab Taruna paling senior atau Taruna tingkat IV di Resimen Korps Taruna AAL, diserahkan kepada Taruna yang lebih yunior satu tingkat di bawahnya, yaitu Taruna tingkat III, guna sebagai penerus kepemimpinan di Resimen Korps Taruna AAL," kata Edi Sucipto.

Pada Sertijab Danmenkortar tersebut, Komandan Korps Taruna AAL Sermatutar (P) Aris Pama menyerahkan tugas dan jabatannya kepada Sermadatar (P) Rizgy Zealand Djuhaeri. Sedangkan pada Tambur Mayor Genderang Suling Gita Jala Taruna AAL Sermatutar (S) Aziz Tri Sutirto menyerahkan tugas dan jabatannya kepada Sermadatar (P) Aryan Dwi Cahyo.

Usai upacara sertijab, dilanjutkan acara tradisi Sertijab Tambur Mayor Genderang Suling Gita Jala Taruna AAL yang dipimpin oleh Ketua Umum Jalasenastri, Manik Siwi Sukma Adji selaku Ibu Taruna AAL. Acara tradisi penyerahan alat Genderang Suling dan pengukuhan Tambur Mayor.

Sementara itu, pada acara tradisi, Ibu Taruna AAL melepas pet Sermadatar (P) Aryan Dwi Cahyo dan mengganti dengan pet Jambul Tambur Mayor Genderang Suling Gita Jala Taruna AAL.

Selain itu ditandai acara tradisi Tambur Mayor Sermatutar (S) Aziz Tri Sutirto, dengan cara melempar stick dari atas bass drum kepada Tambur Mayor Sermadatar (P) Aryan Dwi Cahyo.
Hal ini menandakan pergantian tampuk kepemimpinan Genderang Suling Gita Jala Taruna AAL dari Taruna senior kepada Taruna yang lebih yunior.

Dengan tradisi parade surya senja diharapkan dapat meningkatkan rasa tanggung jawab serta kebanggaan bagi para Taruna sebagai pejabat di Resimen Korps Taruna dan tim Genderang Suling Gita Jala Taruna AAL, karena mendapat kehormatan serta dipercaya, dalam menerima pemangku jabatan berikutnya.

Resimen Korps Taruna AAL merupakan sarana bagi para taruna untuk belajar memimpin sebuah organisasi dan mengembangkan ide, wawasan, inovasi dan kreativitas yang dimiliki. Sehingga pada saatnya nanti dapat dijadikan bekal dalam memimpin organisasi yang sesungguhnya di lingkungan TNI AL, TNI, bangsa dan negara.

Acara ini juga dimeriahkan dengan berbagai penampilan, demonstrasi dan keterampilan Taruna AAL, yaitu Display Genderang Suling Gita Jala Taruna AAL, tarian Aster Dance, demonstrasi bongkar pasang senjata, bela diri dan pesta kembang api.

Acara ini dihadiri Wagub AAL Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, pejabat TNI AL wilayah Surabaya, Wakil Ketua Umum Jalasenastri, Chichi Wuspo Lukito; Pengurus Inti Jalasenastri Pusat, Ketua Daerah, Ketua Gabungan, Ketua Cabang BS dan Korcab yang tergabung dalam Bakor Jalasenastri Jakarta, Surabaya serta Sorong, Wakil Ketua Cabang BS Jalasenastri AAL, Nana Endi Supardi; pengurus Cabang BS Jalasenastri AAL, para orang tua Taruna, pelajar, mahasiswa dan warga masyarakat serta para tamu undangan.
EDITOR:
Tag:

Kolom Komentar


Video

Pemkot Semarang Bakal Bangun Transportasi Kereta Dalam Kota

Jumat, 11 Oktober 2019
Video

Merah Putih Terpanjang di Persawahan

Minggu, 13 Oktober 2019
Video

Tari Piring dengan Penari Terbanyak

Minggu, 13 Oktober 2019