Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tingkatkan Kapasitas Investigasi Siber, Polri Gandeng Kepolisian Korsel

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Kamis, 27 Juni 2019, 15:12 WIB
Tingkatkan Kapasitas Investigasi Siber, Polri Gandeng Kepolisian Korsel
Penandatanganan MoU Polri dan KOICA/RMOL
rmol news logo Kepolisian Republik Indonesia (Polri) terus mengembangkan kemampuan dalam rangka menekan angka kejahatan di dunia maya.

Salah satu cara yang ditempuh Polri adalah bekerja sama dengan Korea International Cooperation Agency (KOICA) yang merupakan badan pemerintah Korea Selatan.

Dalam kerja sama itu, Polri mendapat bantuan teknis berupa pengembangan kapasitas penyelidikan di bidang kejahatan siber yang dimentori langsung oleh Korean Nation Police Agency (KNPA) melalui Badan Siber Polri Korsel.

“Pertama kita akan berangkatkan 30 orang, untuk mendapatkan pelatihan terkait dengan siber analis siber crime dan siber security,” kata Wakapolri dalam sambutanya di acara MoU antara Polri-KOICA di Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Kamis (27/6).

Polri juga menggandeng Institute Teknologi Bandung (ITB) untuk memberikan pelatihan-pelatihan terkait pemanfaatan teknologi dan digital forensik.

ITB dipilih karena memiliki pusat pelatihan siber forensik dalam Pusat Siber Security Research and Development Center di Jatinagor.

“Kalau dengan ITB sudah lama sekali untuk menimba ilmu di sana terkait bagaimana pemanfaatan teknologi,” kata Ari.

Terdapat lima kategori program peningkatan investigasi siber ini, pertama master degree program, high level official invitational training program, middle level invitational training program, training of trainers, practicioner programs.

Hadir dalam acara penandatanganan kerjasama itu antara lain, Duta Besar Korea Selatan Kim Chang Beuom, Rektor ITB Kadarsah Suryadi, Kadiv Hubungan Internasional Polri Irjen Malta, Country Direktor KOICA Jeong Hoe Jin dan Direktor General of Cyber Berau Korean National Police Agency Kim Jae Kyu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA