Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kapolri Bentuk Tim Penyelesaian Banjir Di Konawe

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Sabtu, 22 Juni 2019, 20:47 WIB
Kapolri Bentuk Tim Penyelesaian Banjir Di Konawe
Istimewa
rmol news logo Kapolri Jenderal Tito Karnavian bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengunjungi korban bencana banjir di Konawe, Sulawesi Tenggara, Sabtu (22/6).

Sesampainya di Lanud Haluoleo, Kendari, Sulawesi Tenggara, rombongan bertolak ke Konawe Utara dan langsung mendapatkan paparan dari Bupati Konawe Utara di posko penanggulangan banjir. Dalam rapat analisa dan evaluasi (Anev) di posko penanggulangan banjir itu, Kapolri menyampaikan bahwa bencana banjir di Konawe ini menjadi atensi TNI dan Polri.

“Saat ini memasuki tahap rehabilitasi, TNI dan Polri akan membantu baik infrastruktur atau bantuan kemanusiaan. Satu sakit semua bergerak, semua masyarakat dan pemerintah berikan perhatian, kita harus punya mekanisme penanganan sehingga kejadian tidak terulang kembali,” kata Kapolri.

Agar banjir besar tidak terjadi dikemudian hari, Kapolri telah membentuk tim yang digawangi oleh Direktorat Tindak Pidana Tertentu (Ditipidter) Bareskrim guna mempelajari akar persoalan hingga mencari solusi penyelesaian banjir yang mengakibatkan tujuh Kecamatan dan 47 desa terendam juga 2.502 KK atau 9.609 jiwa mengungsi.

“Solusinya bentuk kanal dengan program jangka panjang serta bila penyebab banjir karena fungsi hutan berkurang atau karena pembangunan pemukiman, oleh karena itu penanganannya harus maksimal sehingga tata kelola lahan tidak berdampak bencana serta perlu dilakukan studi mendalam untuk penyelesaian masalah banjir di Konawe,” urainya.

Panglima dan Kapolri juga menyempatkan untuk melihat langsung penanganan trauma healing bagi anak-anak korban banjir Konawe di posko trauma healing yang ada di Desa Wanggudu. Panglima TNI dan Kapolri disambut hangat nyanyian dari anak-anak, mereka membaur dan berdialog memberikan semangat dan motivasi kepada para anak
-anak yang menjadi korban bencana.

Kegiatan diakhiri dengan peninjauan posko kesehatan dan tenda pengungsi bencana banjir serta memberikan bantuan secara simbolis kepada para korban bencana banjir oleh Kapolri dan Panglima TNI beserta Ibu Panglima TNI. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA