Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bantu Pengamanan Laut Perbatasan, Polda Kepri Terima BKO KP Yudistira 8003

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Sabtu, 15 Juni 2019, 19:50 WIB
Bantu Pengamanan Laut Perbatasan, Polda Kepri Terima BKO KP Yudistira 8003
Penyambutan KP Yudistira/Istimewa
rmol news logo Untuk membantu menjaga kawasan laut perbatasan, jajaran Polda Kepulauan Riau mendapatkan bantuan Kapal Patroli (KP) Yudistira 8003 yang di-BKO oleh Direktorat Polisi Air dan Udara Barhakam Mabes Polri.

KP Yudistira 8003 tiba di Pelabuhan Batu Ampar, Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri) membawa 30 awak kapal yang 12 di antaranya adalah polwan.

KP Yudistira 8003 adalah salah satu kapal yang diresmikan Kapolri pada HUT Polairud 1 Desember 2018 lalu. Kapal ini memiliki ukuran 73 meter dan lebar 11,35 meter dan memiliki kecepatan mesin 18 knot dengan bobot 1000 ton.

Keberadaan KP Yudistira 8003 ini diharapkan dapat mendukung pelaksanaan tugas Polda Kepri yang merupakan etalase negara karena berbatasan dengan negara tetangga seperti Singapura, Malaysia dan Vietnam.

"Kapal ini untuk memperkuat penjagaan keamanan laut di wilayah Kepri," ujar Kapolda Kepri Irjen Andap Budhi Revianto dalam Keterangannya, Sabtu (15/6).

Secara geografis, Provinsi Kepri memiliki 2.048 pulau besar maupun kecil dan 96 persen wilayahnya adalah perairan. Provinsi Kepri terdiri dari 7 Kabupaten dan kota yang merupakan daerah pemekaran Provinsi Riau sesuai dengan amanat undang undang No 25/2002.

Menurut Andap, Kapal Yudistira 8003 merupakan kapal patroli yang di BKO oleh Mabes Polri untuk menambah kekuatan pengamanan di laut. "Kapal patroli ini berdasarkan kebijakan Kapolri, digunakan sebagai pencegahan dan penindakan," ucap mantan Kapolda Maluku ini.

"Harapannya semoga masyarakat Kepri merasakan kehadiran kita di tengah - tengah mereka dan terus akan memberikan pengabdian terbaik untuk masyarakat, bangsa dan negara," tambah jenderal bintang dua itu.

Turut hadir dalam penyambutan itu antara lain, Dirpolair Korpolairud Baharkam Polri Brigjen Lotharia Latif, Pejabat Utama Polda Kepri, Danguskamla Armada I, Dandim 0316 Batam, Danlanal Batam.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA