Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

TNI Akan Bangun Medan Latihan Di Wilayah Perbatasan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Sabtu, 15 Juni 2019, 06:57 WIB
TNI Akan Bangun Medan Latihan Di Wilayah Perbatasan
Sosialisasi pembangunan medan latihan/Repro
rmol news logo Komandan Kodim 1202/Singkawang, Letnan Kolonel Arm Viktor J.L Lopulalan melaksanakan sosialisasi kepemilikan lahan daerah latihan Kodam XII/Tpr di Desa Temajuk yang diikuti perangkat Desa, tokoh masyarakat, dan warga yang bertempat di Gedung Serbaguna Dusun Camar Bulan, Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas.

Sosialisasi tersebut berkaitan dengan rencana Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang akan membangun medan latihan di wilayah perbatasan.

Dalam sambutannya, Dandim Letkol Arm Victor J.L Lopulalan menyampaikan medan latihan dipelukan dalam sebuah Batalyon untuk meningkatkan kemampuan prajurit demi kepentingan pertahanan Negara.

"Tanah yang akan dibangun sebagai tempat latihan bukan demi kepentingan pribadi atau golongan, seperti yang dijelaskan dalam undang-undang untuk kepentingan Negara guna Pertahanan Nasional," ujar Dandim, Jumat (14/6).

Pertemuan tersebut juga dilakukan sesi tanya jawab bersama warga yang diwakili oleh Parhad, Yakub yang merupakan Ketua Kelompok Tani, Samsiar dan Asparmo. Mereka menanyakan nasib warga yang sudah menggunakan lahan untuk bercocok tanam.

Mendengar pernyataan tersebut, Dandim mengaku akan berkoordinasi dengan Pemda untuk mencarikan lahan baru.

"Kodim dan pemerintah Desa akan bekerja sama dengan pemerintah daerah Kabupaten Sambas untuk berkoordinasi mencari lahan lain bagi masyarakat yang sudah mengelola lahan dan berkebun di areal lokasi STA.07-09," jelasnya.

Di sisi lain, ia juga mengimbau kepada warga untuk tidak saling menyalahkan dan saling mengklaim lahan.

"Karena lokasi lahan tersebut untuk kepentingan Negara khususnya TNI. Selain untuk latihan Batalyon, juga untuk melaksanakan tugas pokok menjaga kedaulatan NKRI," tandasnya.

Di tempat yang sama, Plh. Kades Temajuk, Agunadi menjelaskan, adanya TNI masuk di wilayah perbatasan, khususnya desa Temajuk justru berdampak positif.

"Justru masyarakat seharusnya banyak berterima kasih kepada TNI. Dengan adanya program yang akan dilakukan bisa membantu pembangunan dan perekonomian masyarakat Temajuk. Siapa tahu nantinya dapat membantu mengubah status lahan dari Hutan Produksi (HP) menjadi Area Penggunaan Lain (APL) dan bisa menjadi hak milik masyarakat," jelas Agunadi.

Pada acara tersebut, hadir pula Danbrigif 19/KH, Kolonel Inf Freddy Sianturi; Danyonif 645/GTY, Mayor Inf Rony Sugianto; Wadanyonif 645/GTY, Kapten Inf Remon H. Sitanggang; Pasiops, Lettu Inf Ikwan Hadi Putra; Danton 1 Kipan C Yonif 645/GTY, Letda Inf Febri; Bati Komsos Koramil 1202-05/Plh, Pelda Irwan; Babinsa Temajuk, Serda Dwi Ariyanto; Danpos Temajuk Satgas Pamtas Yonif 643/Wns, Letda Inf Henry Budiarto; Plh. Kades Temajuk, Agunadi; Sekdes Temajuk, Pandri Ota; dan tokoh masyarakat Temajuk serta dihadiri sekitar 30 orang. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA