Ini Persiapan Anggota Brimob Polda Sumut Jaga MK Besok

Kamis, 13 Juni 2019, 16:24 WIB
Laporan: Aldi Gultom

AKBP Boy Siregar sebelum apel pagi di Wisma Atlet/RMOL

Satuan Brimob Polda Sumatera Utara adalah salah satu satuan Polri yang akan menjaga sidang perdana PHPU Pilpres di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, besok (Jumat 14/6).

Komandan Batalyon 1 Brimob Polda Sumut, AKBP Boy Siregar, menerangkan bahwa pasukannya akan bergerak ke Gedung MK besok pagi.

Brimob Polda Sumut sudah berada di Jakarta sejak 19 April lalu dengan tugas pengamanan pemilu dari sebelum hari pencoblosan sampai keluarnya keputusan MK.

"Besok posisi Brimob Polda Sumut di depan MK," kata Boy Siregar usai apel pagi di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (13/6).

Ia mengatakan, persiapan paling penting untuk besok adalah mental dan fisik pasukan, serta peralatan sesuai prosedur operasional standar.

"Dari mental, fisik dan peralatan, kami siapkan sebaik-baiknya," ujar Boy.

Dalam apel tadi pagi, Boy menegaskan kepada seluruh anggotanya agar setiap pergerakan dalam pengamanan besok harus teratur.
 
"Apapun risikonya, apabila kita mundur, tidak ada teman meninggalkan temannya," tegasnya.

"Ikuti selalu perintah. Setiap penembakan adalah penembakan salvo yang dikomandoi minimal komandan kompi. Jadi saya minta rekan-rekan, camkan itu," tambahnya.

Brimob Polda Sumut memiliki sekitar 1800 personel dibagi menjadi 3 batalion dan satu Detasemen Gegana. Batalyon A bermarkas di Binjai, Batalyon B di Tebing Tinggi dan Batalyon C di Sipirok, sedangkan Detasemen Gegana bermarkas di Medan.

Yang diberangkatkan ke Jakarta terdiri dari 2 batalyon. Batalyon 1 dipimpin AKBP Boy Siregar dan Batalyon 2 dipimpin Kompol Endra.

Dalam pengamanan kerusuhan di Jalan MH Thamrin dan kawasan Tanah Abang, pada 21-22 Mei lalu, pasukan Brimob Polda Sumut merupakan barisan terdepan yang menjaga Gedung Bawaslu.
EDITOR:

Kolom Komentar


Video

Ace Hasan Syadzily: Manuver Bambang Soesatyo Biasa Saja

Sabtu, 21 September 2019
Video

Golkar Perlu Proyeksikan Politik Urban di 2024

Minggu, 22 September 2019
Video

Generasi Golkar Kehilangan Sentuhan Soeharto

Minggu, 22 September 2019