Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kunjungan Kapal Perang Asing Bagian Dari Misi Diplomatik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Senin, 20 Mei 2019, 12:28 WIB
Kunjungan Kapal Perang Asing Bagian Dari Misi Diplomatik
Mayjend Sisriadi/Net
rmol news logo Misi diplomatik angkatan laut (naval diplomacy) antar negara sudah menjadi agenda Angkatan Laut (AL) di seluruh dunia. Indonesia turut melaksanakan misi diplomasi tersebut ke seluruh negara.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Begitu kata Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Tentara Nasional Indonesia (TNI), Mayjend Sisriadi menanggapi sejumlah kapal perang asing yang bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok.

Salah satu misi diplomasi Indonesia adalah muhibah Kapal Repubik Indonesia (KRI) Bima Suci-945 (tall ship).

"Selain untuk melatih para taruna/taruni AAL, muhibah KRI Bima Suci-945 juga membawa misi diplomatik. Pelayaran diplomatik seperti itu sudah terjadwal dan disetujui antar negara terkait," tuturnya kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (20/5).

Selain mengunjungi beberapa sahabat, setiap tahun TNI AL juga menerima kunjungan kapal-kapal AL dari negara sahabat.

“Semua itu sesuai kesepakatan bersama yang dibuat berdasarkan kerjasama pertahanan yang diratifikasi dengan UU,” tandasnya.
 
Sepanjang Mei 2019, kapal laut asing telah mengunjungi Indonesia. Di antaranya kapal perang milik Angkatan Laut Amerika Serikat, USS Blue Ridge yang bersandar di Tanjung Priok, Jakarta Utara, 1 hingga 5 Mei.

Kedatangan kapal perang tersebut merupakan salah satu bagian dari rangkaian peringatan 70 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Amerika Serikat (AS)

Selanjutnya, kapal perang Pasukan Bela Diri Maritim Jepang (JMSDF) merapat ke Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, pada Rabu (8/5). Kunjungan ini merupakan upaya untuk mempererat kemitraan dengan Angkatan Laut RI.

Terakhir pada Sabtu (18/5), dua kapal Angkatan Laut Australia, HMAS Canberra dan HMAS Newcastle juga berkunjung ke Jakarta, tepatnya di JICT II, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Dua kapal itu tiba merupakan bagian dari misi Indo-Pacific Endeavour 2019 untuk memperdalam kerja sama Australia dengan pasukan keamanan kawasan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA