Bukber Bareng TNI-Polri, Jokowi Akan Tambah 100 Jabatan Pati

Kamis, 16 Mei 2019, 19:07 WIB
Laporan: Idham Anhari

Presiden Joko Widodo/Net

Presiden Joko Widodo menghadiri acara buka puasa bersama TNI-Polri yang digelar di lapangan Monumen Nasional, Jakarta, Kamis (16/5).

Dalam kesempatan ini, Jokowi menyampaikan kabar baik untuk prajurit TNI yang memiliki pangkat tinggi alias Perwira Tinggi (Pati). Ia menyebut akan ada penambahan bagi jenderal-jenderal TNI.

Rencana itupun diakui masih dalam pembahasan oleh Kementerian Pertahanan (Kemenhan).

"Jumlahnya kurang lebih 100 jabatan perwira tinggi TNI. Ke depan kami buka lagi untuk tambahan perwira tinggi. Tadi saya cek rancangannya masih di Kementerian Pertahanan, mungkin minggu depan sudah di meja saya," kata Jokowi dalam sambutanya.

Ia juga menyampaikan apresiasi terhadap TNI-Polri yang sudah bekerja penuh dedikasi selama gelaran pemilu serentak 2019 sehingga semua berjalan damai, aman, jujur, adil dan demokratis.

"Kedua, negara kita negara besar. Jangan ada yang berpendapat ini negara kecil," tegas Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap Indonesia akan tetap menjadi negara besar. Selain itu, stabilitas politik dan keamanan tetap terjadi karena hal itu syarat mutlak pembangunan bangsa.

"Dan itu tidak bisa terjadi kalau TNI dan Polri ini tidak solid dan bersatu. Artinya saat ini kami bisa bekerja membangun negeri ini karena TNI-Polri sangat solid," imbuhnya.

Kegiatan bukber ini dipimpin langsung oleh Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri, Jenderal Tito Karnavian dengan mengambil tema 'soliditas dan sinergi TNI-Polri dalam rangka menjamin stabilitas nasional'.

Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, selama ini TNI-Polri sudah menunjukkan sinerginya yang begitu baik. Hal itu tidak lepas dari kinerja seluruh prajurit serta peran aktif komponen bangsa dan masyarakat.

"Kami berharap momentum bulan suci ini bisa memperkuat persatuan anak bangsa," ujar Hadi di lokasi.

Sejumlah Menteri Kabinet Kerja, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana Siwi Sukma Aji, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Marsekal Yuyu Sutisna, serta pejabat tinggi TNI-Polri lainnya turut hadir dalam acara ini.

Selain itu, sejumlah prajurit TNI-Polri, Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nazaruddin Umar, hingga masyarakat umum juga memadati acara.
EDITOR: DIKI TRIANTO

Kolom Komentar


Video

Ahok Mau Jadi Petinggi BUMN, Ini Gaya Marah-marahnya

Rabu, 13 November 2019
Video

Belum Jelas Kemana, Ahok Sudah Bikin Ramai

Jumat, 15 November 2019
Video

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Minggu, 17 November 2019