Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Densus 88 Tangkap Sembilan Terduga Teroris Pengalaman, Berikut Profilnya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Kamis, 16 Mei 2019, 04:37 WIB
Densus 88 Tangkap Sembilan Terduga Teroris Pengalaman, Berikut Profilnya
Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo/Net
rmol news logo Tim Detasemen Khusus 88 Anti Teror Mabes Polri kembali melakukan operasi penangkapan terduga teroris pada Selasa (14/5). Sembilan pelaku diamankan, tujuh di antaranya sangat berpengalaman.

“Yang menjadi catatan penting di antara sembilan pelaku terorisme yang sudah berhasil diamankan, tujuh di antaranya pernah berangkat ke Suriah. Dua belum pernah. Artinya para pelaku yang tertangkap memiliki pengalaman,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Rabu (15/5).

Penangkapan terduga teroris itu dilakukan di Jawa Tengah sebanyak delapan orang dan di Jawa Timur satu orang. Lanjut Dedi, ketujuh terduga teroris yang ditangkap ini memiliki militansi yang tidak perlu diragukan.

“Pelaku yang tertangkap memiliki pengalaman, memiliki kemampuan, memiliki militansi yang lebih dibanding pelaku-pelaku yang pernah ditangkap terdahulu seperti yang kita sudah tangkap di Bekasi yaitu JAD Lampung,” terang Dedi.

Mantan Wakapolda Kalimantan Tengah ini menjelaskan, profil sembilan orang terduga teroris itu. Yang pertama, AH alias Memet (26) ditangkap di Jateng, pernah ke Suriah dan bergabung dengan kelompok ISIS.

Kedua, A alias David (24) juga pernah berangkat ke Suriah, dia ditangkap di Kertasura, Sukoharjo pada pukul 05.00. Yang ketiga IH alias Iskandar (27) asal Sragen, pernah mengikuti idad (pelatihan semi militer) untuk persiapan berangkat ke Suriah pada 2015 dan kembali ke Indonesia pada Agustus 2017.

Keempat, AU alias AL (25), pria ini berperan sebagai bagian logistik di ISIS pusat di Suriah. Kelima JM alias Jundi alias Dian (26) ditangkap di desa Sowan Kidul, Jepara. Belum memiliki pengalaman atau tidak pernah ke Suriah.

Keenam AM alias Farel (26), ingin mencoba berangkat ke Suriah namun dua kali gagal hanya sampai Turki. Ketujuh AS alias Tatang, dia sama dengan Iskandar yang pernah berlatih idad (pelatihan semi militer). Kedelapan PT alias Dharma (45). keterlibatannya sama dengan Tatang.

Dan yang terakhir kesembilan, ditangkap di Jawa Timur JD. Diketahui, JD merupakan koordinator pelatihan teroris di Jateng dari 2016 hingga 2019.

“Pelaku JD Ini sebagai koordinator secara keseluruhan dalam kelompok JAD di Jawa,” pungkas Dedi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA