Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Antisipasi Banjir, Koramil Sedau Bersama Warga Bersihkan Aliran Sungai

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Sabtu, 04 Mei 2019, 02:49 WIB
Antisipasi Banjir, Koramil Sedau Bersama Warga Bersihkan Aliran Sungai
Prajurit TNI/Net
rmol news logo Mencegah terjadi bencana banjir, Koramil 1202-16/Sedau bersama komponen masyarakat melaksanakan gotong royong pembersihan Daerah Aliran Sungai (DAS)  Jamthong di kelurahan Setapuk Besar, Singkawang Utara, Kota Singkawang.

Terlihat sejumlah anggota Koramil bersama perangkat desa dan masyarakat melakukan kegiatan pembersihan sungai jamthong dengan penuh semangat dan antusias sehingga sungai yang mengalir ke wilayah Kecamatan Setapuk dapat berjalan lancar dan bersih.

Pembersihan aliran sungai ini bertujuan untuk mengangkat sampah dan rumput-rumput liar yang bisa menyumbat dan akan mengakibatkan banjir.

Komandan Kodim 1202/Singkawang Letkol Arm Viktor J.L Lopulalan mengatakan, bahwa kerja bakti ini merupakan bagian dari upaya yang dilakukan untuk membantu masyarakat membersihkan saluran air agar bersih dari sampah dan kotoran. Sebagai langkah awal antisipasi terjadinya pendangkalan sungai yang diakibatkan sampah dan material bawaan aliran sungai serta mengurangi  tanaman liar.

Lanjutnya, agar masyarakat turut peduli dan menjaga lingkungan, bila mana lingkungan kita bersih akan menjadi sehat, dan kami juga menghimbau agar tidak membuang sampah ke sungai, karena bisa mengakibatkan aliran air tidak lancar dan menyebabkan banjir pada musim penghujan tiba.

"Pembersihan aliran sungai sangatlah penting bagi warga Setapuk Besar, agar sungai tidak tersumbat oleh sampah dan rerumputan yang tumbuh di seputaran pinggiran sungai. Apabila aliran sungai tersumbat di musim penghujan, maka air sungai akan meluap dan membanjiri perumahan warga," ujar Dandim mengakhiri. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA