Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ujung Tombak Kodim 1011 Ajak Warga Antisipasi Bencana Banjir

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 25 April 2019, 12:38 WIB
Ujung Tombak Kodim 1011 Ajak Warga Antisipasi Bencana Banjir
Istimewa
rmol news logo Dalam rangka mengantisipasi tingginya intensitas hujan beberapa hari ini, Babinsa Koramil 1011-03/Anjir Serapat mengajak masyarakat melaksanakan kegiatan gotong royong pembersihan daerah aliran sungai disekitar lingkungan Anjir Serapat Barat, Kec. Kapuas Timur.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Komandan Kodim 1011/Kuala Kapuas Letnan Kolonel Inf Bambang Kristianto Bawono, S.I.P., mengatakan, sosialisasi bahaya banjir dan dampak setelahnya yang dilakukan Babinsa Anjir Serapat untuk pencegahan sejak dini akan terjadinya bencana banjir. Agar masyarakat menata lingkungan dengan melibatkan pihak-pihak terkait, guna mewujudkan lingkungan yang strategis dan terhindar dari gangguan bencana banjir.

Menurut Dandim 1011/Klk, masyarakat agar mewaspadai terhadap aliran sungai yang tidak termonitor bila mengalami gangguan longsor, seperti pada bagian dinding sungai, untuk itu perlu kiranya masyarakat pada musim penghujan seperti  ini melakukan pengawasan handil-handil yang ada didesa, agar dapat mengambil langkah-langkah penanganan bila mengalami kerusakan atau longsor.

"Hindari berjalan di dekat saluran air untuk menghindari terseret arus banjir. Jika air terus meninggi, hubungi instansi yang terkait dengan penanggulangan bencana seperti kantor Kepala Desa, Lurah, atau Camat," ucapnya.

Selain itu, bila ancaman bencana dimungkinkan akan terjadi, maka langkah antisipasi yang harus disiapkan seperti, bahan makanan siap saji, makanan dan susu untuk anak balita serta persediaan air bersih.

Selanjutnya Dandim 1011/Klk menuturkan, agar masyarakat mengamankan dokumen penting seperti, ijazah, akte kelahiran, kartu keluarga (KK), sertifikat, buku tabungan dan barang berharga lainnya. Juga menyediakan obat-obatan untuk pertolongan pertama.

"Dengan menerapkan langkah-langkah di atas, diharapkan mampu mengurangi resiko dari dampak bencana yang dihadapi," pungkasnya.

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat Bapak Daniel mengatakan, daerah Anjir Serapat merupakan dataran rendah, dan bila musim penghujan tiba dengan intensitas tinggi sangat memungkinkan akan  terjadinya banjir, namun banjir tersebut tidak sampai mengganggu aktifitas masyarakat," ucapnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA