Densus 88 Antiteror Kembali Tangkap Terduga Teroris Jaringan Sibolga

Rabu, 20 Maret 2019, 19:36 WIB | Laporan: Idham Anhari

Dedi Prasetyo/Net

Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror kembali meringkus terduga teroris berinisial M alias Abu Arkam yang diduga masih satu jaringan dengan terduga teroris yang ditangkap di Sibolga, Sumatera Utara, Husain alias Abu Hamzah.

"Yang bersangkutan terdeteksi dari jejaring komunikasi. Yang bersangkutan merencanakan amaliyah atau aksi (terorisme) dengan sasaran aparat keamanan," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (20/3).

M alias Abu Arkam diketahui aktif berkomunikasi melalui facebook dan beberapa akun media sosial terhadap jaringannya, termasuk kepada Abu Hamzah.

“Itu jejak digital yang didalami oleh Densus, sehingga Densus berhasil menemukan yang bersangkutan," imbuhnya.

Dedi menambahkan, Abu Arkam semakin termotivasi untuk melakukan amaliyah pasca penangkapan sejumlah rekan-rekannya di Sibolga, Sumatera Utara. Namun sebelum aksinya dilakukan, Densus 88 lebih dulu meringkusnya.

"Selain aparat keamanan, yang bersangkutan juga memiliki motivasi memburu siapa saja yang menjelekkan ISIS," jelasnya.

Ditangkapnya Abu Arkam menambah total jumlah terduga teroris yang berhasil ditangkap oleh Densus 88 yang saat ini berjumlah delapan orang terkait jaringan Sibolga.

"Penangkapan pertama tanggal 9 Maret dan penangkapan terakhir 19 Maret. Dalam 10 hari ditangkap satu jaringan 8 orang, di luar jaringan JAD 2 orang," demikian Dedi.

Kolom Komentar


Video

Kemesraan Jokowi-Prabowo Belum Berlalu

Senin, 15 Juli 2019
Video

Futsal 3 X Seminggu Tingkatkan Kecerdasan Otak

Selasa, 16 Juli 2019
Video

Garuda Perlu Tinjau Ulang Aturan Mengambil Foto dan Video

Rabu, 17 Juli 2019