Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dana Rp 778 M Untuk Bangun Kawasan Perbatasan Morotai

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Senin, 18 Maret 2019, 10:48 WIB
Dana Rp 778 M Untuk Bangun Kawasan Perbatasan Morotai
Suhajar Diantoro/BNPP
rmol news logo Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) mencanangkan Gerakan Pembangunan Terpadu Kawasan Perbatasan (Gerbangdutas) di Morotai, Maluku Utara, Senin (18/3).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris BNPP Suhajar Diantoro menjelaskan kegiatan tahunan ini untuk mendorong percepatan pembangunan perbatasan negara secara komprehensif, terpadu serta terintegrasi melalui kegiatan lintas kementerian/lembaga di kawasan perbatasan.

"Tema kegiatan Gerbangdutas tahun 2019 ini adalah 'Sinergi Pusat-Daerah Untuk Mewujudkan Perbatasan Negara Sebagai Beranda Depan NKRI'," ujar Suhajar melalui siaran pers BNPP yang diterima redaksi.

Suhajar menambahkan, pemilihan Kabupaten Pulau Morotai sebagai tempat kegiatan Gerbangdutas dilatarbelakangi peluang besar pembangunan, khususnya di sektor kelautan dan pariwisata.  

Dalam menunjang kegiatan ini, sambung Suhajar, BNPP telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 778,831 miliar yang tersebar pada 14 kementerian/lembaga.

Adapun rangkaian kegiatan pencanangan Gerbangdutas meliputi pencanangan program dan kegiatan Kementerian/Lembaga Tahun Anggaran 2019 di perbatasan negara, termasuk Kegiatan pembangunan di Kabupaten Pulau Morotai, peresmian hasil kegiatan Kementerian/Lembaga tahun anggaran 2018 di Kabupaten Pulau Morotai, peninjauan hasil pembangunan, yaitu reservoir dan rumah khusus prajurit perbatasan Lanal Morotai.

Kemudian penyerahan secara simbolis alat pengolah Kopra, Ambulans, Kartu Asuransi Nelayan, dan bantuan renovasi rumah tidak layak huni (RTLH), pelayanan administrasi kependudukan seperti, KTP-el, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran yang selanjutnya akan diserahkan kepada masyarakat serta penandatanganan Prasasti Kantor Camat Morotai Utara dan puskesmas perawatan Tiley.

Kegiatan ini akan dibuka oleh Menko Polhukam Wiranto selaku ketua Pengarah BNPP juga dihadiri Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba, Bupati Kepulauan Morotai Benny Laos dan tokoh masyarakat serta forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda).

Gerbangdutas tahun ini merupakan kegiatan yang kelima.

Sebelumnya BNPP mencanangkan kegiatan serupa di Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara pada 2015,  di Kalabahi, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 2016.

Pada 2017 di Natuna, Kepulauan Riau dan tahun lalu di Merauke, Papua.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA