Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sebagai Corong Natuna, TNI Siapkan Kogabwilhan Di Batam-Tanjungpinang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Kamis, 31 Januari 2019, 16:39 WIB
Sebagai Corong Natuna, TNI Siapkan Kogabwilhan Di Batam-Tanjungpinang
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto/RMOL
rmol news logo . Komandan Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) yang sudah dicanangkan oleh Mabes TNI sejak beberapa tahun terakhir diupayakan terealisasi tahun ini.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyatakan Kogabwilhan akan dipersiapkan di daerah Batam-Tanjungpinang.

"Kogabwilhan nanti akan kita letakkan di wilayah tengah antara Batam-Tanjungpinang sehingga corong sampai ke Natuna kena semuanya," kata Hadi usai Rapim TNI di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Kamis (31/1).

Menurut dia, wilayah Batam juga saat ini sudah dilengkapi dengan Pangkalan TNI AL (Lanal) dan Pangkalan Udara (Lanud), serta Korem. Sehingga niatan membentuk Kogabwilhan bisa lebih mudah.

"Di sana sudah ada Lanal sudah ada Korem atau Batalyon sudah ada Lanud yang representatif untuk bisa kita tempatkan pesawat-pesawat, kita bisa mem-Force down pesawat 777 yang begitu besar di Batam," tambahnya.

Selain itu, prioritas Natuna yang langsung berhadapan dengan Laut China Selatan juga menjadi dasar pemikiran Kogabwilhan ditempatkan di sini.

"Tanjungpinang-Batam yang rentang kendalinya lebih mudah apabila harus ke Natuna juga kira-kira di situ terpenuhi dan itu masih dalam kajian," demikian Panglima TNI. [rus]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA