Bakamla, Coast Guard Indonesia Yang Bisa Menjadi Komponen Cadangan Pertahanan

Kamis, 31 Januari 2019, 11:12 WIB | Laporan: Adityo Nugroho

Bakamla

. Kehadiran Badan Keamanan Laut (Bakamla) merupakan transformasi institusi penjaga laut dengan konsep Coast Guard sebagai komponen cadangan pertahanan negara di laut.

Menurut pengamat pertahanan Susaningtyas NH Kertopati, Bakamla merupakan cikal bakal Coast Guard Indonesia yang profesional, dapat diandalkan serta menjadi kebanggaan rakyat Indonesia.

"Sesuai Hukum Laut Internasional tahun 1982 yang telah diratifikasi melalui UU 17/1985 memang Bakamla mengemban amanat negara berfungsi sebagai Coast Guard. Bahkan sesuai UU 3/2002 tentang Pertahanan Negara, maka Bakamla dapat dikategorikan sebagai Komponen Cadangan Pertahanan Negara," terang Nuning biasa disapa dalam pesan elektroniknya kepada redaksi, Kamis (31/1).

Sambung mantan Anggota Komisi Pertahanan DPR ini, kedua fungsi tersebut menjadi dasar pengembangan organisasi Bakamla menjadi aparat penegak hukum di laut sekaligus komponen pertahanan negara.

"Organisasi tersebut harus kompatibel dengan kewenangan proses hukum mulai dari penangkapan, penyidikan hingga penuntutan di pengadilan pada masa damai," bebernya.

Sebagai komponen cadangan, Bakamla tentu bisa berfungsi sebagai militer di masa perang dalam memback-up TNI AL untuk menjaga pertahanan di laut.

"Di masa perang, organisasi Bakamla dapat segera diintegrasikan dengan organisasi tempur TNI AL," tutup Nuning. [rus]
Tag:

Kolom Komentar


Video

Futsal 3 X Seminggu Tingkatkan Kecerdasan Otak

Selasa, 16 Juli 2019
Video

Garuda Perlu Tinjau Ulang Aturan Mengambil Foto dan Video

Rabu, 17 Juli 2019
Video

Mulai Panas, Nasdem Sindir PKB

Kamis, 18 Juli 2019