Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kapolri: Stabilitas Keamanan Sepanjang 2018 Berjalan Baik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Kamis, 27 Desember 2018, 20:08 WIB
rmol news logo Lancarnya penyelenggaraan agenda-agenda nasional menunjukkan stabilitas keamanan dan ketertiban berjalan baik.

Begitu disampaikan Kepal Polri Jenderal Tito Karnavian dalam refleksi akhir tahun di Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Kamis (27/12).

"Secara umum, sepanjang 2018 situasi keamanan relatif stabil. Agenda besar pilkada sebanyak 171 wilayah, kemudian event Asian Games dan Para Games tidak ada kendala berarti dan tingkatkan investor ke Indonesia," katanya.

Selain itu, tanggap penanggulangan bencana dapat terlaksana dengan cepat dan tuntas.

Dari catatan, sepanjang 2018, beberapa peristiwa menonjol terkait keamanan terjadi di tengah masyarakat yakni kasus pengeboman tiga gereja di Surabaya, penangkapan terduga teroris di beberapa tempat, dan penyerangan yang dilakukan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua. Serta kasus-kasus kejahatan jalanan seperti begal dan lainnya.

Tantangan utama yang dihadapi Polri pada 2019 adalah penyelenggaraan pemilu yang dilaksanakan secara serentak agar berjalan dengan aman dan lancar.

Adapun, potensi kerawanan lain yang perlu diwaspadai adalah terkait radikalisme dan terorisme, gangguan KKB di Papua, kejahatan narkoba, kejahatan siber, dan berbagai bentuk konflik sosial.

"Karena Polri merupakan aset bangsa negara dan milik rakyat maka 2019 berusaha lebih baik. Peran aktif dan dukungan masyarakat menjadi elemen penting dalam mewujudkan keberhasilan tersebut," demikian Tito. [wah]  

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA