Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Demi Pembangunan, Ketertiban Sosial Di Nduga Harus Dipulihkan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 05 Desember 2018, 14:39 WIB
Demi Pembangunan, Ketertiban Sosial Di Nduga Harus Dipulihkan
Ilustrasi/Net
rmol news logo Peristiwa penembakan yang dilakukan Kelompok Kriminal Bersenjata di Kabupaten Nduga, Papua diyakini turut memberi efek takut dan trauma kepada para pekerja infrastruktur.

Wakil Ketua Setara Institute, Bonar Tigor Naipospos menilai, rasa trauma itu akan berdampak besar pada pembangunan infrastruktur jalan di Nduga dan Papua secara umum. Sebab, serangan itu mayoritas menewaskan para pekerja PT Istaka Karya yang sedang membangun jembatan penghubung jalan.

"Hal itu dapat mengganggu program-program pembangunan masyarakat dan pembangunan infrastruktur yang sedang digalakkan oleh pemerintah Joko Widodo-Jusuf Kalla," katanya kepada wartawan, Rabu (5/12).

Untuk itu, Bonar mendesak agar tindakan kriminal yang dilakukan secara keji terhadap pekerja dalam jumlah besar tersebut mendapatkan penanganan serius dari aparat keamanan.

Langkah itu penting, untuk mengembalikan tertib sosial dan memulihkan keamanan, khususnya di Distrik Yigi dan di area-area pelaksanaan proyek-proyek pemerintah serta di Papua pada umumnya.

Namun demikian, pihaknya mengingatkan kepada aparat keamanan, baik sipil maupun militer, untuk tetap bertindak proporsional menggunakan pendekatan sipil berbasis sistem hukum pidana dalam menangani kasus pembununan tersebut.

"Aparat hendaknya tidak mengambil langkah berlebihan yang dapat memperburuk situasi keamanan, baik aktual maupun persepsional, di Papua yang secara umum dalam beberapa tahun belakangan ini relatif terkendali. Secara objektif, pendekatan militer belum dibutuhkan," kata Bonar. [ian]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA