Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kelompok Kriminal Bersenjata Di Nduga Papua Memenuhi Syarat Sebagai Teroris

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ruslan-tambak-1'>RUSLAN TAMBAK</a>
LAPORAN: RUSLAN TAMBAK
  • Selasa, 04 Desember 2018, 17:51 WIB
Kelompok Kriminal Bersenjata Di Nduga Papua Memenuhi Syarat Sebagai Teroris
Sukamta/Net
rmol news logo . Sebanyak 31 pekerja menjadi korban pembantaian oleh sekelompok orang bersenjata di Nduga, Papua. Pemerintah menyebut kejahatan ini sebagai Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Anggota Komisi I DPR RI, Sukamta mengatakan KKB ini sudah masuk ke dalam cakupan tindak pidana terorisme, sehingga pemerintah harus segera mengambil langkah tegas untuk memberantasnya.

"Dan menyeret para pelaku ke pengadilan agar dihukum semaksimal mungkin," ujar Sukamta di Jakarta, Selasa (4/12).

Sekretaris Fraksi PKS ini menegaskan bahwa apa yang dilakukan mereka sudah memenuhi syarat sebagai tindakan separatis dan teroris.

Dalam UU 5/2018 tentang perubahan UU Terorisme disebutkan bahwa yang dimaksud terorisme adalah tindakan yang dengan sengaja menggunakan kekerasan atau ancaman kekerasan yang menimbulkan suasana teror atau rasa takut terhadap orang secara meluas, menimbulkan korban yang bersifat massal dengan cara merampas kemerdekaan atau hilangnya nyawa dan harta benda orang lain, atau mengakibatkan kerusakan atau kehancuran terhadap objek vital yang strategis, lingkungan hidup atau fasilitas publik atau fasilitas internasional.

"Perilaku biadab ini tidak bisa dibiarkan. Kita cinta NKRI. Kita ingin bangsa ini tetap utuh. Kita tidak ingin bangsa ini terkoyak oleh gerakan bersenjata apapun termasuk teroris dan separatis," jelas Sukamta.

Karena itu, dia mendesak pemerintah agar menaikkan status penanganan kelompok kriminal bersenjata ini menjadi penanganan tindak pidana terorisme.

"Tindakan mereka jelas separatis dan teroris yang merongrong kedaulatan NKRI. Dan bicara kedaulatan kita musti benar-benar bergerak cepat dan tegas agar gerakan ini tidak semakin meluas dan berlarut-larut yang bisa menimbulkan korban lagi baik korban dalam arti negara atau warga," tegasnya.

"Tidak lupa dan yang paling utama saya sampaikan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya untuk 31 korban pekerja yang gugur dibantai sekelompok orang di Papua. Para korban menjadi pejuang bagi anak, istri, orang tuanya dalam mencari nafkah. Semoga arwah para korban diterima di sisi Allah SWT," tutup Sukamta menambahkan. [rus]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA