Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

TNI Bebaskan 25 WNI Yang Ditangkap Tentara Malaysia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sukardjito-1'>SUKARDJITO</a>
LAPORAN: SUKARDJITO
  • Selasa, 20 November 2018, 00:16 WIB
TNI Bebaskan 25 WNI Yang Ditangkap Tentara Malaysia
PLBN Entikong/Net
rmol news logo . Sebanyak 25 Warga Negara Indonesia (WNI) berhasil dibebaskan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) TNI setelah ditangkap tentara Malaysia.

"WNI itu diamankan (tentara Malaysia) karena kedapatan membawa barang ilegal dari wilayah Malaysia," kata Kepala Penerangan Kodam XII/Tanjungpura, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, malam tadi (Senin, 19/11).

Aulia menjelaskan kasus ini berawal dari informasi masyarakat soal adanya aktifitas penyelundupan barang ilegal dari Malaysia ke Indonesia.

"Info itu ditindaklanjuti oleh Satgas Pamtas dengan melaksanakan pengecekan di sektor kiri dan kanan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, Kalimantan Barat," tambah Aulia.

Nah, lanjut Aulia, di saat melakukan penyisiran di sektor kiri PLBN,  terdengar suara keributan di dekat patok batas D-126. Setelah didekati ke sumber suara didapatkan 1 tim tentara Malaysia sedang mengamankan WNI yang membawa barang ilegal.

"Saat itu tentara Malaysia bersikeras untuk membawa puluhan WNI tersebut diproses lebih lanjut ke Polis Diraja Malaysia dan Bea Cukai Malaysia," cerita Aulia.

Namun, pihak TNI bernegosiasi dengan pihak tentara Malaysia, dan berhasil.

"Akhirnya disepakati  bahwa 25 orang WNI yang telah diamankan pihak tentara Malaysia diserahkan kepada pihak Satgas Pamtas Yonif 511/DY dan telah dibawa ke PLBN Entikong," demikian Aulia. [jto]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA