Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

GEMPA & TSUNAMI SULTENG

Kodam Mulawarman Kirim 300 Prajurit Fokus Rekonstruksi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/aldi-gultom-1'>ALDI GULTOM</a>
LAPORAN: ALDI GULTOM
  • Selasa, 02 Oktober 2018, 15:53 WIB
Kodam Mulawarman Kirim 300 Prajurit Fokus Rekonstruksi
Mayjen TNI Subiyanto memeriksa pasukan/Dispenad
rmol news logo Kodam VI/Mulawarman mengirim 300 prajurit Yonif Raider 600/Modang untuk membantu pemulihan Kota Palu, Kabupaten Donggala, dan beberapa Kabupaten di Sulawesi Tengah (Sulteng) setelah gempa bumi disusul tsunami pada Jumat (28/9).

Pelepasan dilakukan Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto di Base Ops Lanud Balikpapan, Kalimantan Timur. Selain petinggi Kodam dan Polda setempat, pelepasan juga dihadiri para pengusaha yang peduli korban gempa.

Seperti diberitakan Dinas Penerangan TNI AD, misi kemanusian ke Palu dipimpin langsung oleh Danyon Raider 600/Mdg Ronald Wahyudi. Pasukan diberangkatkan dengan pesawat TNI AU Hercules C-130 dan dibagi tiga gelombang menuju Bandar Udara Mutiara SIS Al-Jufrie, Palu.

Pangdam menjelaskan, operasi misi kemanusian yang dijalankan Yonif Raider 600/Modang akan fokus pada rehabilitasi dan rekonstruksi, misalnya memperbaiki sarana transportasi, membangun tempat penampungan para pengungsi korban bencana, serta membangun dan memperbaiki berbagai fasilitas umum.

"Melihat kondisi akibat bencana seperti itu, satu-satunya jalan adalah mengerahkan kekuatan personel dan sumber daya yang dimiliki oleh satuan-satuan di jajaran TNI termasuk mengerahkan pasukan dari Kodam VI/Mulawarman," terang Pangdam.

Dalam pesannya kepada para prajurit yang diberangkatkan ke Sulteng, Pangdam meminta mereka melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab dan niat tulus agar bernilai ibadah.

"Tentu suatu kehormatan dan kebanggaan tersendiri untuk membantu saudara-saudara kita yang kini sedang dalam duka derita," pungkas Pangdam. [ald]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA