Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pesawat Pengangkut Personel Brimob Ditembaki KKB Di Papua

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Senin, 25 Juni 2018, 19:15 WIB
Pesawat Pengangkut Personel Brimob Ditembaki KKB Di Papua
Foto/Net
rmol news logo Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua pimpinan Egunius Kagoya, menembaki personel Brimob saat tengah mengangkut logistik Pilkada 2018.

Pesawat ditembaki ketika mendarat di Bandara Kenyam, Kabupaten Nduga yang terbang dari Wamena.

“Data sementara yang berhasil dihimpun bahwa penembakan tersebut diduga dilakukan KKB Wil Mugi Ndugame Pimpinan Egunius Kogoya," kata Otentikasi Kapendam XVII/Cenderawasi Kolonel Inf Muhammad Aidi dalam keteranganya, Senin (25/6).

Dia mengungkapkan, Egunius Kogoya diketahui orang yang pernah melakukan perampasan senjata SS1 milik anggota Zipur 10, dan saat itu juga menembak mati pekerja jalan PT. PP.

"Almahrum Vicko Sondakh yang sedang melaksanakan proyek jalan Trans Papua," ungkapnya.

Penambakan yang terjadi pukul 09.45 WIT ini mengakibatkan pilot atas nama Ahmad Abdillah Kamil (27), mengalami luka lantaran terkena serpihan peluru di bagian bahu dan kepala bagian belakang.

Adapun Pesawat Trigana jenis Twin Otter di awaki oleh Pilot Ahmad Abdillah Kamil dan Copilot Lenius Wonda dengan membawa anggota Satuan Brimob sebanyak 15 orang.

"Mereka akan bertugas melaksanakan pengamanan Pilkada di Kenyam Kabupaten Nduga ditembaki beberapa kali saat tepat landing di bandara Kenyam," jelasnya.

Dia pun menerangkan, selain melakukan penembakkan terhadap pesawat, kelompok tersebut juga melakukan penembakkan dan pembacokan terhadap masyarakat, serta pedagang yang berada di sekitaran bandara. Akibatnya, tiga orang meninggal dunia dan satu orang di puskesmas.

Korban tersebut yakni Hendrik Sattu kola sebagai pedagang suku Toraja (tertembak perut meninggal dunia), Margareta Polli (tertembak dan kena bacok Kepala dan tangan meninggal dunia), Zaenal Abidin pedagang suku Bugis (tertembak rusuk kiri meninggal dunia), Arjuna Kola Anak dari pasangan Hendrik Sattu Kola dan Margareta Polli (kena bacok kepala saat ini sedang di rawat di Puskesmas Nduga).

"Situasi Bandara saat ini terkendali diamankan oleh Satuan pengaman TNI dari Yonif 755/Yalet gabungan dengan pihak kepolisian," tandasnya. [fiq]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA