Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemuda Berperan Penting Bangun Karakter Bangsa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Minggu, 07 Mei 2017, 16:22 WIB
RMOL. Pemuda berperan penting untuk melindungi karakter bangsa dalam kehidupan berdemokrasi di Indonesia. Nilai-nilai seperti Pancasila, Kebhinnekaan dan NKRI harus dipertahankan di tengah derasnya paham-paham dan kelompok-kelompok yang ingin mengubah dasar negara dan falsafah kebangsaan tersebut.

Begitu dikatakan S‎taf Khusus Presiden Diaz Hendropriyono dalam surat elektronik yang dikirimkan ke redaksi, Minggu (7/5).

Hal yang sama diutarakannya dalam acara Dialog Kebangsaan Ikatan Pemuda Alumni Lembaga Ketahanan Nasional (IPAL) Sulawesi Selatan di Hotel Remcy, Makassar, kemarin.

"Dibutuhkan para pemuda yang memiliki karakter yang teguh untuk terus merawat keutuhan dan kedaulatan bangsa dari ancaman paham radikal, anti NKRI dan kelompok-kelompok yang alergi terhadap Pancasila," jelas Diaz.‎

Acara IPAL ini dihadiri oleh ratusan mahasiswa, pemuda dari berbagai elemen organisasi kemasyarakatan dan unsur-unsur Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. ‎
‎
Diaz melanjutkan, pemuda h‎endaknya mulai fokus memperjuangkan kualitas, tidak hanya kuantitas dalam mengisi demokrasi Indonesia yang sudah hampir dua puluh tahun bergulir pasca Reformasi.
‎
Dia menambahkan, pemuda berperan penting dalam perubahan sejarah bangsa. Sebagai contoh, Jendral Sudirman menjadi panglima besar saat berusia 29 tahun sedangkan Sultan Hasanuddin mulai bertakhta di Gowa pada umur 22 tahun. Peran pemuda di masa depan pun akan tetap besar, mengingat Indonesia akan menikmati bonus demografi sampai tahun 2030-an.

"Ini mestinya potensi besar‎, bukan bencana. Pemuda yang mestinya jadi garda terdepan membentengi NKRI, bukan malah yang merusaknya," tandasnya.

Ketua Umum IPAL, Muklis Ramlan mengungkapkan, tujuan diadakannya acara ini adalah untuk memantapkan nilai-nilai kebangsaan dalan mengantisipasi perubahan-perubahan yang terjadi secara global. ‎

Sementara itu, sekretaris Jendral IPAL, Angga Busra Lesmana menyatakan, dalam kesempatanini, IPAL mengukuhkan kepengurusan Dewan Pengurus Daerah di Sulawesi Selatan.

IPAL adalah wadah berhimpunnya alumni Lemhannas yang mengikuti pendidikan non-reguler Taplai (Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan) di Jakarta. IPAL dibentuk berdasarkan Keputusan Deputi Taplai Gubernur Lemhannas dan berbadan hukum berdasarkan Surat Keputusan Menkumham tahun 2015. Dengan jumlah alumni TAPLAI mencapai kurang lebih 13.000 orang yang tersebar di seluruh provinsi Indonesia, mereka diharapkan akan terus memberikan kontribusi nyata untuk membantu menyelesaikan berbagai permasalahan bangsa. [sam]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA